
Toyota akhirnya memperkenalkan produk terbaru untuk pasar mobil domestik berupa Toyota Raize. Saat ini belum banyak mobil di pasaran di Indonesia yang dilengkapi dengan turbo.
Padahal, dengan mesin turbo, performa mobil menjadi lebih irit, baik dari segi peningkatan tenaga maupun konsumsi bahan bakar. Lalu bagaimana dengan perawatan mesin turbo, apa bedanya dengan mesin lainnya? Berikut ulasannya!
- Pelajari Buku Panduan Kendaraan
Buku panduan berisikan panduan tertulis dan gambar dalam bentuk ilustrasi sederhana dan mudah dipahami. Manual berisi informasi penting seperti garansi, keselamatan kendaraan, petunjuk pemasangan, pemecahan masalah, petunjuk pemasangan, spesifikasi produk, dan pemeliharaan dan pemecahan masalah. instruksi.
Nah, jika Anda membaca manualnya, inilah langkah awal yang bisa digunakan Anda untuk mempelajari cara merawat mobil turbo yang benar.
- Gunakan bahan bakar yang tepat
Nilai oktan di bawah rekomendasi akan menghasilkan pembakaran yang tidak sempurna, yang mengakibatkan hilangnya tenaga dan ketukan atau gelitik. Jika diabaikan dari waktu ke waktu dapat merusak mesin.
Kondisi ini juga mengakibatkan residu pada gas buang yang jika dibiarkan akan menempel pada turbin dan merusak komponen turbo.
- Perhatikan kondisi oli mesin
Komponen turbo dilumasi dengan oli yang sama yang digunakan untuk pelumasan. Komponen mesin Mengingat tenaga turbo yang cukup berat karena mampu berputar hingga 25.000-30.000 RPM Anda harus menggunakan oli yang tepat sesuai kebutuhan untuk memastikannya terus berfungsi dengan baik dan menjaga daya tahan turbo.
Gunakan oli sesuai dengan rekomendasi pabrikan dan ganti secara teratur pada waktu servis reguler.
- Ganti filter udara secara teratur sesuai dengan manual servis
Turbo menarik udara luar untuk memampatkannya ke dalam ruang bakar mesin. Selalu perhatikan kondisi filter udara agar bekerja maksimal dan menyaring kotoran – kotoran jangan dilepas.
Segera ganti jika filter udara terlalu kotor karena akan menyumbat aliran udara dan tidak membersihkannya karena akan merusak elemen akibat daya dorong yang kuat dari peraturan waktu servis turbo di bengkel resmi.